PTM UTS 2018 Raldi A. Koestoer

UTS PTM 2018

Teks ini adalah soal Ujian Tengah Semester bagi mhs Reguler mata kuliah Pengantar Teknik Mesin 2018, Fak Teknik UI.  Dosen : Prof.  Raldi A. Koestoer.-

Tuliskan di bagian atas hal pertama lembar jawaban anda, Nama, NPM, Email, Nomor HP/WA, Nomor group.

Tugas UTS ini dikerjakan di rumah secara individual, boleh buka buku, buka catatan, buka akses internet. Dilarang keras copy/paste.

Diposting di blog tanggal 25 Okt 2018 jam 20.00. Dikumpul melalui ketua group, nama file nama group lalu ketua group kirim ke kordinator kelas (2 orang Raihan dan Wahyu). Selanjutnya kord meringkas file (di Zip) jadi satu, dan mengirim filezip ke dosen, tanggal 28 Okt hari Ahad jam 20.00.

Kerjakan semua dengan MSWord 12 pt 1,5 spasi jenis huruf TMR dan/atau Arial. Mereka yg terlambat mengumpulkan, tidak akan diperiksa. Jumat tgl 26 Okt 2018 masuk spt biasa krn ada kuliah tamu (isi kuliah tamu jadi bahan UTS ini juga).

Soal 1 (15%)

Ceritakan dalam bentuk essay (0,5 s/d 1 hal) apa yg akan anda lakukan setelah menyelesaikan studi di FTUI, dpl mau bekerja sebagai apa, atau membuka lap kerja apa, atau mau berwirausaha apa, setelah lulus nanti. Selanjutnya apa tujuan atau cita-cita besar anda (kalau cita-citanya kecil tidak usah sekolah disini langsung jadi supir ojek aja) 10 atau 15 tahun y.a.d. setelah lulus dari FTUI.

Soal 2 (30-35%)

PLTU Pembangkit Listrik Tenaga Uap, adalah instalasi untuk membangkitkan tenaga listrik yang kemudian akan ditransmisikan dan didistribusikan ke kota dan ke daerah guna berbagai keperluan. Bahan Bakar yang digunakan adalah BB fosil spt BBM, Solar, Batubara, Gas dan lain2.

  1. Jelaskan dengan gambar gunakan ‘magic square’ spt yang kita diskusikan dalam kelas, prinsip kerja dan fungsi dari sebuah PLTU dengan empat komponen yang utama.
  2. Jelaskan dengan ilustrasi gambar, serta  menggunakan kata-kata anda sendiri fungsi dari komponen utama dibawah ini. Namun sebelumnya lihat dulu NPM anda terutama digit terakhir, bila antara 0-3 maka pilihlah untuk dijelaskan BOILER dan SUPERHEATER, bila antara 4-6 pilih TURBIN, bila 7-9 pilih KONDENSER.
  3. Uap Panas Lanjut (superheated steam) mengalir melalui nozel kemudian berekspansi mendorong sudu turbin. Parameter termodinamika apa sajakah yang penting dalam hal ini yang membuat turbin kemudian berputar, jelaskan hub parameter tersebut.

 

Soal 3. Inkubator Grashof Portable  (30-35%).

  1. Jelaskan dengan gambar prinsip kerja inkubator portable grashof, yang berbeda dengan inkubator bayi lainnya di Rumah Sakit. Lihat gambar/video di https://www.youtube.com/watch?v=3UxOVh9pm6k
  2. Jelaskan beberapa pengertian fisika thermo-fluida berikut ini: aa) Rho (density) merupakan fungsi temperatur.  bb) Transfer kalor Radiasi, konveksi dan konveksi alamiah  cc) Buoyanci force   dd) Aliran alamiah.  ee) Kesetimbangan Thermo-fluida.
  3. Mengapa inkubator portabel Grashof buatan Univ Indonesia, disebut sebagai ff) The most silent   gg) The most lightweight  hh) The Cheapest Incubator.-

 Prinsip Inkubator Grashofjp

Soal 4.  15%

Ceritakanlah isi kuliah tamu secara ringkas (max 1 hal) tgl 26 Okt 2018 di kelas PTM.

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s