Lelang Peci Bung Karno

Menjelang Lebaran Bung Karno Tak Punya Uang

Menjelang Lebaran, Bung Karno menemui mantan Menteri Luar Negeri Roeslan Abdoelgani untuk utang uang. “Cak, tilpuno Anang Tayib. Kondo’o nék aku gak duwé dhuwik,” kata Proklamator Kemerdekaan RI tersebut. Cak, teleponkan Anang Tayib. Beritau kalo aku tak punya uang.

Anang adalah keponakan Roeslan, tinggal di Gresik, pengusaha peci merek Kuda Mas yang sering dikenakan Soekarno.

“Beri aku satu peci bekasmu. Saya akan lelang,” kata Roeslan Abdoelgani.
“Bisa laku berapa, Cak?” tanya Soekarno.
“Wis tala , serahno aé soal iku nang aku. Sing penting bèrès,” sahut Roeslan. Sudahlah, serahkan saja soal itu pada saya. Yang penting beres.

Roeslan lalu menyerahkan kepada Anang satu peci yang bekas dipakai Soekarno.

Roeslan kaget karena jumlah peserta lelang begitu banyak, semuanya pengusaha asal Gresik dan Surabaya. Tapi yang membuatnya sangat terkejut ternyata Anang melelang tiga peci.

“Saudara-saudara,” kata Anang. “Sebenarnya hanya satu peci yang pernah dipakai Bung Karno. Tetapi saya tidak tau lagi mana yang asli. Yang penting ikhlas atau tidak?”
“Ikhlas!!!” seru para peserta lelang.
“Alhamdulillah,” sahut Anang.

Dalam waktu singkat terkumpul uang sepuluh juta rupiah. Semua uang itu segera diserahkan Anang kepada Roeslan.
“Asliné lak siji sé,” kata Roeslan. Yang asli cuma satu ‘kan
“Iya. Sebenarnya dua peci yang akan saya berikan untuk Bung Karno,” kata Anang.

“Tapi kedua peci itu jelek.”
“Memang sengaja saya buat jelek. Saya ludahi, saya basahi, saya kasih minyak, supaya kelihatan bekas dipakai,” sahut Anang.
“Koen iki kurang ajar Nang, mbujuki wong akèh,” Roeslan ekting ngamuk. Kamu kurang ajar Nang Nang. Nipu banyak orang.”
“Nék gak ngono gak olèh dhuwik akèh,” enteng saja Anang njawabnya. Kalau nggak begitu mana mungkin bisa dapat banyak uang.

Roeslan kemudian menyerahkan semua uang hasil lelang kepada Soekarno.
“Cak, kok akeh dhuwiké?” Bung Karno kaget. Banyak banget uangnya.
“Iku akal-akalané anang,” jelas Roeslan. Itu semua akal-akalan Anang. Ia menceritakan bagaimana cara Anang menggandakan peci.
“Kurang ajar Anang. Nék ngono sing dosa aku apa Anang?” tanya Bung Karno. Kalau begitu yang berdosa saya atau Anang?
“Anang,” singkat aja sahutan Roeslan.

”Dhuwik sakmono akèhé jangé digawé apa Bung?” tanya Roeslan. Uang begitu banyak akan digunakan untuk apa Bung?”
“Gawé zakat fitahku. Gowoen kabèh dhuwik iki nang makam Sunan Giri. Dumno nang wong-wong melarat nok kono,” kata Bung Karno. Untuk zakat fitrahku. Bawa semua uang ini ke makam Sunan Giri. Bagikan pada orang-orang miskin di sana,” jawab Soekarno.

Sumber:
Buku “Suka Duka Fatmawati Sukarno”
Sebagaimana diceritakan kepada Kadjat Adrai.

-0-
Luarbiasa proklamator kita, hatinya sangat ikhlas untuk menolong rakyat.-

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s