Listrik PLN Padam

Listrik mati Jakarta dan Jawa Barat. Tentu heboh puluhan juta orang kena dampaknya karena kehidupan mereka sudah sangat tergantung pada pasokan listrik PLN. Pelaksana Tugas Dirut yang baru seminggu yg baru seminggu menduduki jabatannya terjun langsung menangani persoalan besar ini, tak boleh dibiarkan berlarut-larut. Dalam waktu 9 s/d 10 jam masalah teratasi.. Kepemimpinan seseorang terlihat atau diuji justru pada saat terjadi persoalan besar. Tentu banyak hikmah yg bisa kita ambil dari musibah ini. Kita doakan selanjutnya PLN bisa sukses dan lancar seperti PT KIA itu Kereta Api. Semoga tidak ada lagi korupsi di jajaran pimpinan maupun manajer menengah sampai kebawah. Pentingnya energi listrik ini karena tanpanya mustahil kita bisa membangun negara dan bangsa ini. Atau listrik PLN ini merupakan tulang punggung pembangunan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

Berikut tanggapan plt dirut PLN berkaitan dg listrik padam se Jawa-barat dan DKI.

 

Plt Dirut
Hari ini pertama tama kami atas nama direksi PT PLN Persero, saya selaku Plt Dirut memohon maaf yang seluas luasnya kepada seluruh pelanggan PLN yang telah mengalami
4 Agustus 2019 terkait dengan pemadaman sejak pukul 11.45
Izinkan saya sampaikan informasi berkaitan dengan gangguan

11.45 detik 27, pada saluran udara Ungaran terjadi gangguan pada sirkuit 1, kemudian disusul gangguan sirkuit kedua. Akibatnya di menit 48 detik ke 11, menyebabkan jaringan sutp Depok Tasik mengalami gangguan.

Inilah merupakan awal dari terjadinya pemadaman di sistem Jawa barat Banten dan DKI Jakarta

Pada saat 11.45 detik ke 27 saat itu Jawa tengah normal, hanya Brebes saja, tapi Brebes sebenarnya masuk dalam sistem Jawa Barat.

11.48 Jabar DKI Banten off
Kami manajemen PLN memimpin langsung dan mengawal langsung proses recovery. Dari sini kita bisa memantau bagaimana pasokan listrik dari timur ke barat untuk mendukung pasokan.

Pukul 16.27 Alhamdulillah listrik dari Jatim masuk ke Saguling dan cireta,
PLTA Cireta dan Saguling berfungsi sebagai menstabilkan aliran
Kita tunggu masuk ke Cibinong dan Depok, Alhamdulillah 16.27 pasokan masuk ke Gardu gandul.

Mudah mudahan berjalan lancar proses recovery yang dilakukan rekan rekan ini.

Setelah dari gandul ini, rencananya adalah akan memasok ke suralaya dan muara karang. Kalau ke suralaya nanti akan melewati legok, Balaraja, Suryalaya. Ini akan memulihkan secara total
Tetapi di muara karang ini kami prioritaskan karena untuk DKI Jakarta.

Proses di muara karang ini PLTGU cepat sekali bisa masuk ke sistem, artinya bisa cepat, tapi perlu waktu untuk perjalanan, Musdah mudahan sistem DKI Jakarta kalau baik dan lancar, kira kira 3 jam akan bisa pulih DKI Jakarta
Dan Banten Jawa barat akan dipasok dari suralaya, kemudian akan membebani ibt ibt kemudian ke pelanggan.

Nah penormalan pelanggan memang masih lama, bisa 4-5 jam lagi. Mudah mudahan tidak lewat sampai pukul 00.00 ya. Kami berupaya seoptimal mungkin.

Ini jadi proses improvement, banyak hal yang harus kita improve, mana yang masih lemah dsb, kami serius menangani perbaikannya. Kami mohon dukungan rekan rekan semua, dan keikhlasan dari para pelanggan.
Hari ini kita juga sulit berkomunikasi. Jadi kami mohon maaf.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s